Kamis, 10 Januari 2013

FAKTOR-FAKTOR PERUBAHAN DALAM KELUARGA

Faktor lingkungan
Yaitu maksudnya di luar lingkungan keluarga seperti lingkungan di masyarakat sekitar tempat tinggal, lingkungan pergaulan, atau lingkungan-lingkungan yang dijadikan tempat berinteraksi para anggota keluarga. Pengaruh-pengaruh yang berasal dari luar lingkungan keluarga terkadang dapat menyebabkan adanya perubahan-perubahan dalam keluarga yang dapat memberikan dampak bagi kelangsungan hidup dalam suatu keluarga. 

Kontak anggota keluarga dengan orang lain
Adanya proses interaksi antara anggota suatu keluarga dengan orang lain di luar keluarga tersebut yang memiliki karakter, sifat, dan sesuatu hal yang berbeda dari keluarga tersebut dapat mempengaruhi adanya perubahan-perubahan dalam keluarga. 

Pendidikan
Pendidikan-pendidikan yang ditekuni atau dilalui oleh suatu keluarga, dapat  mengubah pola pikir anggota keluarga tersebut sehingga terjadilah suatu perubahan di dalam keluarga.

Keadaan Ekonomi
Keadaan ekonomi juga dapat memberikan perubahan dalam keluarga. Misalnya, keadaan ekonomi suatu keluarga yang awalnya berekonomi rendah,kemudian secara bertahap mampu meningkatkan keadaan ekonominya, maka secara otomatis, suatu keluarga tersebut, akan mengalami perubahan-perubahan berbagai hal dalam keluarga.

Pengaruh dari modernisasi dan globalisasi
Dengan adanya modernisasi dan globalisasi yang memasuki Indonesia, menjadikan arus informasi dan komunikasi sulit dikontrol sehingga seseorang yang mendapatkan pengaruh dari modernisasi dan globalisasi tersebut, dapat menjadikan adanya perubahan-perubahan yang masuk dalam keluarganya. 

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
Kemajuan teknologi menjadikan faktor primer terjadinya perubahan dalam keluarga karena ini merupakan dampak dari modernisasi dan globalisasi yang masuk ke Indonesia. Selain itu ilmu pengetahuan juga menjadikan adanya pemikiran-pemikiran baru yang akan dapat merubah keadaan suatu keluarga. Misalnya keluarga seorang petani yang tadinya menggarap lahan pertanian yang dimilikinya bersama0sama dengan keluarganya, dengan adanya kemajuan teknologi menjadi dipermudah untuk proses penggarapan laha pertaniannya, sehingga dapat merubah keadaan dari keluarga petani tersebut yang  tadinya melakukan kerjasama untuk melakukan kegiatan tersebut menjadi dilakukan dengan bantuan teknologi modern.

1 komentar: