Minggu, 06 Januari 2013

TEORI SOSIOLOGI

KEGUNAAN TEORI SOSIOLOGI
a.       Suatu teori atau beberapa teori merupakan ikhtisar hal- hal yang telah diketahui serta di uji kebenarannya yang menyangkut objek yang di pelajari sosiologi
b.      Teori memberikan petunjuk-petunjuk terhadap kekurangan-kekurangan pada seseorang yang memperdalam pengetahuannya di bidang sosiologi
c.       Teori berguna untuk lebih mempertajam atau lebih mengkhususkan fakta yang di pelajari oleh sosiologi
d.      Suatu teori akan sangat berguna dalam mengembangkan sistem klasifilkasi fakta, membina struktur konsep- konsep serta memperkembangkan definisi- definisi yang penting untuk penelitian.
e.       Pengetahuan teoretis memberikan kemungkinanuntuk mengadakan proyeksi sosial, yaituusaha untuk dapat mengetahui kearah mana masyarakat akan berkembang atas dasar fakta yang diketahui pada masa yang lampau dan apada dewasa ini.

SEJARAH TEORI SOSIOLOGI
Teori merupakan hubungan antara dua faktor atau lebih ,dimana fakta adalah sesuatu yang dapat diamati dan diuji secara empiris
Perhatian masyarakat sebelum Comte
a.       Plato
Menelaah masyarakat secara sistematis dengan merumuskan teori organis tentang masyarakat yang mencakup bidang kehidupan ekonomi dan sosial.
b.      Aristoteles
Melakukan analisis terhadap lembaga-lembaga politik dalam masyarakat
c.       Ibn Khaldun.
Mengemukakan beberapa prinsip pokok untuk menafsirkan kejadian sosial dan peristiwa dalam sejarah.
d.      Zaman Renainssance
Tercatat nama – nama Thomas More dan Champanella mengenai masyarakat ideal. N. Machiavelly mengemukakan mengenai bagaimana cara mempertahankan kekuasaan.
e.       Hobbes
Menulis mengenai keadaan alamiah manusia yang didasari pada keinginan-keinginan mekanis sehingga manusia selalu saling berkelahi (kontrak sosial)
f.       John Locke dan JJ Rousseau
Menulis mengenai kontrak sosial
g.      Saint Simon
Menulis tentang manusia yang hendaknya dipelajari dalam kehidupan berkelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar