Kamis, 10 Januari 2013

METODE DALAM SOSIOLOGI


Setelah mendapatkan pokok- pokok tentang ruang lingkup sosiologi beserta hubungannya dengan ilmu- ilmu sosial lainnya dan teori- teorinya, perlu dijelaskan cara- cara sosiologi dalam mempelajari objek yaitu masyarakat, mempunyai cara kerja atau metode. Pada dasarnya terdapat dua jenis metode atau cara kerja, yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif
1) Metode Kualitatif
Metode kualitatif merupakan metode yang mengutamakan bahan yang sukar diukur dengan angka-angka atau ukuran-ukuran lain yang bersifat eksak walaupun bahan-bahan tersebut terdapat secara nyata dalam masyarakat.
Yang termasuk dalam metode kualitatif adalah sebagai berikut:
a. Metode historis
Merupakan metode yang mempergunakan analisis atau penyelidikan atas peristiwa masa lampau yang kemudian dirumuskan menjadi prinsip-prinsip umum.
b. Metode komparatif
Merupakan metode perbandingan antara berbagai macam masyarakat serta segala bidangnya untuk memperoleh persamaan-persamaan, perbedaan-perbedaan, dan sebab-sebabnya. Persamaan dan perbedaan tersebut tujuannya untuk mendapatkan petunjuk mengenai perilaku masyarakat pada masa lampau dan masa sekarang, serta mengenai masyarakat-masyarakat yang mempunyai tingkat peradaban yang berbeda atau sama. Metode ini biasanya dikombinasikan dengan metode sejarah sehingga menjadi metode historis.
2) Metode Kuantitatif
Metode ini merupakan metode yang mengutamakan bahan-bahan keterangan dengan angka-angka, sehingga fakta-fakta sosial yang diteliti diukur dengan skala indeks, tabel, dan formula atau rumus yang sedikit banyak menggunakan maematika. Metode yang termasuk dalam metode ini adalah sebagai berikut:
a. Metode statistic, bertujuan menjelaskan gejala-gejala sosial secara matematis
b. Metode sosiometri, menggunakan skala-skala dan angka-angka untuk mempelajari hubungan antar manusia
Menurut Soejono Soekanto, ada beberapa metode sosiologi berdasarkan penjenisan, yaitu:
a. Metode deduktif dalah metode yang menggunakan proses berpikir bermula dari pernyataan-pernyataan umum(premis mayor) ke pernyataan-pernyataan yang bersifat khusus (premis minor)
b. Metode deduktif adalah metode yang menggunakan proses berpikir bermula dari pengamatan terhadap kejadian khusus kemudian ditarik kesimpulan secara umum
c. Metode empiris adalah metode yang menyandarkan diri pada keadaan-keadaan yang dengan nyata diperoleh dalam masyarakat. Dalam sosiologi metode ini diwujudkan dalam penelitian(research) yaitu cara mempelajari suatu masalah secara sistematis dan intensif untu mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak mengenai masalah tersebut. Penelitian (research) itu pun dapat bersifat basic (teori) dan applied (praktek). Penelitian bersifatbasic yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan, sedangkan penelitian yang bersifat applied merupakan penelitian yang ditujukan pada penggunaan ilmu pengetahuan secara praktis.
d. Metode rasionalitas adalah metode yang mengutamakan pemikiran dengan logika dan pikiran sehat untuk mencapai pengertian tentang masalah kemasyarakatan. Metode ini sampai sekarang masih digunakan para sarjana sosiologi tertama di Eropa.

2 komentar: